Setiap Kecamatan di Kaltim Terdapat Penderita HIV/AIDS

Hampir di seluruh pelosok Kalimantan Timur (Kaltim) ada pasien pengidap HIV/AIDS. Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim, jumlah pengidap HIV/AIDS di Kaltim mencapai 3.000 orang lebih.

Wakil Gubernur Kaltim Farid Wadjdy menjelaskan, data Dinkes Provinsi Kaltim menunjukkan bahwa di semua kabupaten/kota di Kaltim —bahkan di setiap kecamatan— terdapat pengidap HIV/AIDS. Pasalnya di kaltim terdapat sekitar 59 lokalisasi dengan jumlah pekerja seks komersial (PSK) mencapai 11.550 orang.

Selain Dinkes, RSUD AW Sjahrani menemukan sedikitnya 675 pengidap HIV/AIDS hingga Agustus 2013. “Secara umum, jumlah penderita baru HIV/AIDS di dunia mengalami penurunan. Namun, di Indonesia, pengidap virus yang mematikan kekebalan tubuh tersebut justru meningkat. Termasuk di Kaltim turut mengalami peningkatan,” jelasnya saat membuka peringatan Hari AIDS di Ruang Ruhui Rahayu, kantor Gubernur Kaltim, Senin (2/12/2013).

Dijelaskan Farid, dari catatan Dinkes pula, terdapat sekitar 400 pengidap HIV/ADIS yang sudah meninggal dunia. Layaknya fenomena gunung es, pengidap HIV/AIDS jauh lebih besar dari yang terdata. Sebagian besar penderitanya di Kaltim bekerja pada sektor swasta, disusul ibu rumah tangga (IRT).

Perusahaan, lanjut Farid, harus ikut peduli dalam upaya pencegahan penularan virus HIV tersebut. “Realita kehidupan, HIV/AIDS memang memprihatinkan. Namun, kita bisa melakukan pencegahan, dibarengi pihak-pihak lain seperti perusahaan. Caranya, melalui peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai HIV/AIDS ini,” katanya.

Farid merasa yakin, jika upaya tersebut dilakukan bersama, kekuatan yang terbangun akan semakin besar. “Terdapat tiga kota di Kaltim dengan jumlah penderita HIV/AIDS tertinggi yakni Samarinda, Balikpapan, dan Tarakan. Bupati/wali kota, terutama di tiga kota tadi harus mengalokasikan anggaran lebih untuk menanggulangi meningkatnya jumlah pengidap HIV/AIDS ini. Karena ini adalah kewajiban,” tegasnya. (kompas.com)взломать почту gmailполучение кредита под залог недвижимостибокс индивидуальные тренировкиденьги в долг под расписку кривой рог

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *